EDUKASI WISATA MI MAARIF NU 01 RAKIT di SAUNG 11  12. Desa Adipasir Kecamatan Rakit Banjarnegara .





Faktajurnal.com  Banjarnegara - MIMANURA ( MI Maarif NU Rakit ) melaksanakan Edukasi Wisata tentang budi daya ikan di Saung 11. 12 Desa Adipasir Kecamatan Rakit Kab. Banjarnegara, pada kamis (05/01/2023). Kegiatan tersebut merupakan salah satu pembelajaran di luar ruang kelas yang bisa memberikan edukasi kepada siswa siswa MIMANURA soal pengenalan alam dan mengenai Budi daya ikan.

Hal ini merupakan program pembelajaran di kurikulum merdeka yang memberikan keluasan siswa siswa dalam menyerap ilmu.

Ibu Lina fatmanuzulia S.Pd.I selaku Kepala sekolah di MI Ma'arif selalu inten dalam membina dan merencanakan prospel  dan kerja keras demi kemajuan sekolahnya  yaitu dengan memberikan program pendidikan dasar agama yg kuat , dan membuat suatu program edukasi wisata dan budaya untuk mengenalkan lebih dekat terhadap ciptaan yang Maha Kuasa juga mengenalkan bagaiamana cara bekerja sedari dini sehingga siswa siswi bisa lebih mandiri di kedepan hari .



Bapak Sae'un sebagai Tokoh muda masyarakat Desa Adipasir  selaku pendamping di MI MIMANURA selalu memberikan referesi ide dan  suport serta realisasi program demi mengembangkan sekolah.

Dengan adanya pengenalan dunia wisata Saung  dan budi daya ikan  dengan harapan anak anak bisa berlatih utk mandiri , sehingg  di kemudian hari bisa menjadi suatu bekal yang bermanfaat. Beliau mengatakan sebagai figur pendamping di MI MANURA kitat harus bisa menggali potensi dengan kearifan lokal  yang selama ini belum tersentuh utk mengenal kepada masyarakat luas khususnya pada generasi muda, untuk siswa siswi asuhanya dikenalkan dunia wisata dan budi daya ikan yg berada di wilayahnya.



SAUNG 11 12 dan lokasi wisata Milik  Hamid yang berada di wilayah Rakit sangat sesuai untuk mengawali  bentuk pengenalan pada anak  karena dari sisi sarana dan prasarana sangat mendukung , Pak Hamid selaku owner tempat wisata saung jg sebagai ahli dalam bidang usaha budi daya ikan karenan secara teknis dan meknismenya sangat paham dan sangat perlu dukungan yang kuat dari masyarakat dan pemerintah
agar bisa lebih berkembang di kemudian hari.


Tidak ketinggalan Tokoh Agama yaitu  Ali Anwar ikut serta mendampingi dalam acara Edukasi wisata tsb, beliau mengatakan ke ikut sertaan dalam acara ini adalah bentuk dukungan agar sisawa siswi lebih giat dan semangat dalam  belajar dan tidak lepas dari pembekalan ilmu agama yang kuat agar kedepan generasi penerus bisa menjadi generasi  yang jujur dan taat agama .
(W Adian/Agus).