Pelantikan Pantarlih Petarukan Digelar Serentak, Desa Kalirandu dan Petanjungan

 

FaktaJurnal.com Pemalang- Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) melakukan tugas pengawasan Pelantikan Pantarlih, yang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Petarukan, Minggu (12/2/2023). Pelantikan Pantarlih dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB sampai selesai di masing-masing Kelurahan/Desa se-Kecamatan Petarukan.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah Pantarlih Desa Kalirandu dan Desa Petanjungan dihadiri Kepala Desa yang didampingi beberapa perangkat desa lainya.

Dari pantauan Media Faktajurnal.com di dua desa, "yakni Desa Kalirandu tercatat 30 orang petugas Pantarlih dan Petanjungan 28 orang petugas Pantarlih yang dilantik. 

Hal yang sama, dua desa setelah Pelantikan Pantarlih, Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga melaksanakan Bimtek untuk Pantarlih. Antara lain yang dibahas dalam bimtek tersebut diantaranya tentang tata cara mencoklit, fungsi dari form-form yang diperlukan dalam proses coklit dan keberfungsian android yang digunakan sebagai alat bantu coklit.



Sementara Ayu kinasih safitri Kordiv/pengawas Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PPPS) Desa Kalirandu mengatakan, bahwa agenda pengawasan bukan hanya Pelantikan Pantarlih tetapi juga Pengawasan Pemutahiran Data Pemilih/Coklit.

"Disampaikan untuk teman-teman PKD sudah diwajibkan untuk melaporkan semua aktivitas kegiatan pengawasan dengan form yang telah ditentukan sesuai dengan arahan waktu Bimtek,” ujarnya Safitri. (Rae/ )