Tempe "Godong dowo" Petarukan Pemalang Sukses Tembus Rekor Dunia

 


Fakta Jurnal Pemalang - Pemerintah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah ternyata memiliki belasan Rekor Muri didetiap event. "Kali ini kembali sukses memecahkan rekor Muri dunia, dengan sajian "Tempe Godong Dowo" terbanyak dari 15 produsen UMKM masyarakat Petarukan, Minggu (12/2).

Momen Festival Seni dan UMKM Petarukan 2023, adalah rangkaian dari pada hari jadi Pemalang ke 448, yang menyajikan Tempe Godong dowo terbanyak untuk memecahkan rekor Muri Dunia sekaligus acara tersebut sebagai penutupan festival tersebut.

Usulan rekor sejumlah 12.000 tempe godong dowo dan realisasi 12.750 tempe, "Namun yang disajikan tetap 12,448, hal ini sesuai angka sakral hari jadi Pemalang, sehingg jumlahnya bertambah 12,448. Semua disajikan sebagai Rekor Muri usai penilaian selanjutnya tempe tersebut dibagikan kepada ribuan warga yang tumplek blek diarea festival Seni dan UMKM Petarukan 2023.

Tempe godong dowo yang dibentuk tipis dilapis tepung hingga teksture yang lembut hingga berasa kranci/renyah ini berhasil mengantongi sertifikat dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), pada Minggu (12/2/2023).

Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat,S.T,. dan istri, didampingi jajaran OPD Pemalang dan Forkompimda serta jajaran Pemerintahan Muspika Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Pengakuan resmi tertulis itu diserahkan oleh Eksekutif representative MURI, Ari Andriani kepada Plt, Bupati Pemalang, Mansur Hidayati, S.T di sela acara Festival Seni dan UMKM Petarukan 2023, di JL. Lingkar Raden Saleh Petarukan, Pemalang, Minggu (12/2). 



Penyerahan sertifikat MURI oleh representative Muri Ari Andriani juga diterima langsung oleh Plt, Bupati Pemalang yang disaksikan pejabat OPD, Forkompimda, Forkompimca, turut hadir anggota dewan fraksi PPP, dan Ketua DPC Partai Gerindra, toga, tomas, dan pemuda serta tamu penting lainnya.

Ari Andriani sebagai respresentative Muri menyampaikan, tempe yang berjumlah fantastis ini tak hanya menyandang predikat rekor nasional melainkan menembus rekor dunia.

"Tempe kedelai di Pemalang ini mengalahkan rekor jenis serupa yang dibuat di Cilacap sejumlah 12,000," katanya.

Camat Andre Adi mengatakan, tempe godong ini bentuknya unik rasanya khas. Hal ini yang menjadikan Icon Tempe Godong dowo di Kecamatan Petarukan. Prosesnya yang dibuat dan digoreng dalam kurun waktu dua hari dari campuran kedelai lokal.

Masih kata Andre, Pengerjaanya dalam kendali tim Panitia yang dilakukan oleh 15 produsen dan 24 tenaga penggoreng ditempat perajin yang mana sebagai penggerak ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM di Petarukan, Pungkas Camat, (Rae/ ).