Meskipun Ramadhan, Imigrasi Cilacap Tetap Gelar Kancil Ngapak di Purbalingga

 

Jurnalis sae


Faktajurnal.com, Purbalingga - Kantor Imigrasi Cilacap kembali menggelar Layanan Kancil Ngapak di Kabupaten Purbalingga, di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga selama 2 hari Sabtu dan Minggu, 8 - 9 April 2023. 

Yoga Ananto Putra Kepala Kantor lmigrasi Cilacap mengatakan, Layanan paspor yang bernama Kancil Ngapak ini memiliki arti Kantor Imigrasi Ngelayani Paspor Neng Kabupaten.

"Yang merupakan sebuah inovasi Layanan permohonan paspor dihari Sabtu dan Minggu di Kabupaten yang masuk dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Cilacap,"katanya.

Salah satunya di Kabupaten Purbalingga banyaknya permintaan masyarakat yang mengajukan permohonan paspor sehingga Kantor Imigrasi Cilacap melaksanakan layanan Kancil Ngapak hari Sabtu dan Minggu ini. 

"Layanan Kancil Ngapak ini hanya melayani permohonan paspor baru dan penggantian paspor saja.Terkait jadwal pelaksanaan tempat pelayanan Kancil Ngapak, pendaftaran sendiri cukup mengirimkan format yang telah ditentukan ke nomor Whatsapp Kantor Imigrasi Cilacap," jelasnya.

Yoga menambahkan, jumlah pemohon yang terlayani pada layanan Kancil Ngapak Purbalingga ini ada 64 orang yang berasal dari Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya. 

"Meskipun bulan Ramadhan tidak menghalangi kegiatan Kantor Imigrasi Cilacap untuk melayani pemohon di luar Kantor,"terangnya. 



Menurut Yoga, tujuan utama layanan Kancil Ngapak untuk mempermudah masyarakat bagi yang tidak sempat mengurus paspor di hari kerja terlebih para karyawan maupun pekerja yang karena kesibukan dan rutinitas kerja di hari biasa.

"Bulan Ramadhan ini Imigrasi Cilacap tetap berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan tetap melaksanakan kegiatan Kancil Ngapak Purbalingga ini," ujarnya.

Lebih lanjut Yoga menyampaikan, Kancil Ngapak ini memang tujuannya adalah untuk membantu pemohon yang tidak memiliki waktu di hari kerja. Pada hari Sabtu dan Minggu.

Retno, salah satu pemohon layanan Kancil Ngapak mengatakan, adanya pelayanan Kancil Ngapak Purbalingga ini sangat membantu sekali lebih dekat dari rumah.

"Selain menghemat waktu dan biaya, pelayanannya dan petugasnya pun ramah serta cekatan dalam melayani," jelasnya. (Mbah Sae).