Kapolres Purbalingga Pimpin Apel Kasat Kamling



Faktajurnal.com,Purbalingga -Polres Purbalingga Polda Jateng menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling),di halaman Mapolres Purbalingga, Rabu (21/06/2023)pagi. 

Tema apel yaitu Revitalisasi Satkamling Guna Meningkatkan Harkamtibmas Dalam Rangka Menghadapi Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Apel dipimpin oleh Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan, S.I.K. diikuti oleh perwakilan Ketua Satkamling dari masing-masing Kecamatan se Kabupaten Purbalingga, perwakilan Polsuspas, Polhut, Satpol PP dan Linmas.

Dalam amanat apel, Kapolres Purbalingga membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Isi amanat diantaranya apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Satkamling. 




"Semoga dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasi peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara kamtibmas secara swakarsa,"ucap kapolres membacakan amanat.

Disampaikan kapolres, satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa. Oleh karena itu kehadirannya mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan yang cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

"Awak satkamling di lokasi domisili memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalah demi kepentingan bersama," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini satkamling memiliki peran sentral dalam upaya harkamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.  Kehadiran satkamling harus bisa menjadikan cooling system di lingkungannya masing-masing. Jangan ada perpecahan akibat perbedaan pilihan.

"Kita harus mendukung pelaksanaan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong visi Indonesia Emas yang dicita-citakan bersama," ucapnya membacakan amanat.

Dalam apel diserahkan piala dan piagam penghargaan bagi juara Pos Satkamling tingkat Kabupaten Purbalingga. Juara pertama diraih Pos Satkamling Desa Selabaya, Kecamatan Kalimanah. Juara kedua Pos Satkamling Desa Bodaskarangjati, Kecamatan Rembang. Juara ketiga diraih Pos Satkamling Desa Sempor Lor Kecamatan Kaligondang.

(Her's).