Bagikan 10 juta bendera Merah Putih, Pemkab Purbalingga raih penghargaan

Foto : istimewa










JAKARTA, Faktajurnal.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas dukungannya terhadap program pembagian 10 juta bendera merah putih pada momentum HUT Kemerdekaan Rl  Ke-78 yang lalu. 

Penghargaan diberikan oleh Wakil Mendagri John Wempi Wetipo kepada Bupati yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Purbalingga, Pandi, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri,Jakarta. Jum'at (8/9/2023).

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memberikan apresiasi terhadap segenap pihak yang menyukseskan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih kemarin. 

“Semoga pengumpulan dan pembagian bendera merah putih yang telah dilaksanakan kemarin benar - benar dapat menggugah rasa nasionalisme, empati dan kepedulian terhadap sesama dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” katanya.

Untuk diketahui, bendera merah putih yang telah dibagikan bersumber dari swadaya jajaran pemerintah kabupaten sampai ke tingkat desa serta kontribusi dunia usaha dan pihak lainnya. 

“Kegiatan tersebut merupakan wujud peran serta aktif seluruh masyarakat kabupaten Purbalingga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 lalu,” imbuhnya.

Kepala Bakesbangpol Purbalingga, Pandi mengungkapkan penghargaan dari Kemendagri ini diberikan kepada 5 Pemkot, 9 Pemkab dan 5 Pemprov. Kabupaten Purbalingga sebelumnya ditargetkan bendera merah putih yang terkumpul sebanyak 25.000 buah bendera.

"Namun berkat antusiasme masyarakat cukup tinggi sehingga terkumpul sebanyak 31.632 buah bendera. Bendera yang terkumpul kemudian diserahkan kepada camat/kepala desa untuk diserahkan kepada masyarakat," imbuhnya.

Pembagian bendera merah putih di Purbalingga sebelumnya dibagikan secara seremonial di Lapangan Desa Metenggeng, Kecamatan Bojongsari, Jum'at 28 Juli 2023 lalu. Hadir ribuan masa mengenakan atribut merah putih dan membawa bendera merah putih berbagai ukuran yang merupakan dari perwakilan pelajar, organisasi dan masyarakat. Pada puncak pencanangan, mereka membentuk koreografi berupa angka 78 yang merupakan simbol HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun ini. 

Adapun Indikator yang menjadi bahan penilaian Kemendagri dalam mensukseskan pembagian 10 juta bendera. Diantaranya : (1). Jumlah bendera yang terkumpul dan dibagikan, (2). persentase perbandingan jumlah bendera yang dibandingkan dengan jumlah penduduk, (3). pelaksanaan pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih secara masif dan meriah, (4). intensitas pelaksanaan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih, (5).dukungan kepala daerah forkopimda dan pihak terkait lainnya, (6). tantangan wilayah pembagian bendera merah putih, (7). kondisi geografis sosial politik dan keamanan wilayah pembagian bendera merah putih, dan (8). antusiasme dan partisipasi masyarakat. (*).