Cegah TPPO dan PMI Non Prosedural di Kabupaten Kebumen, Imigrasi Cilacap Bentuk Desa Binaan

KEBUMEN, Faktajurnal.com - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap membentuk Desa Binaan Imigrasi di Kabupaten Kebumen, untuk mencegah Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural (PMI-NP),desa yang mendapat Binaan kali ini adalah desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Yoga Ananto Putra, Kepala Kantor lmigrasi Kelas l Cilacap menyampaikan, desa Binaan tersebut, merupakan salah satu program kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap untuk memperluas jangkauan pemberian Informasi Keimigrasian, 

"Diharapkan dapat mencegah terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Penyelundupan Manusia (TPPM) diwilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap," kata Yoga.Kamis (21/9/2023).

Menurut Yoga bahwa, sebagaimana telah diamanatkan dalam Pasal 89 Undang -Undang Nomor 6 Tentang Keimigrasian.

“Dengan terbentuknya desa Binaan ini, masyarakat khususnya calon PMI akan diberikan edukasi mengenai keimigrasian, diharapkan bisa melindungi mereka dari berbagai modus penipuan, dan TPPO serta Tindak Perdagangan Manusia serta PMI Non Prosedural,“ imbuh Yoga.

Yoga menambahkan, desa Binaan merupakan yang pertama dilaksanakan diwilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap, diharapakan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Karena desa Binaan memiliki peran sebagai perpanjangan tangan Kantor Imigrasi dalam memberikan Informasi Keimigrasian kepada Masyarakat yang memiliki keterbatasan jangkauan dan akses.

“Pengetahuan yang cukup terkait prosedur permohonan Paspor RI, keluar masuk wilayah Indonesia, serta hak dan kewajiban sebagai PMI diyakini senjata untuk mencegah TPPO, TPPM, dan PMI Non Prosedural yang ada di Wilayah Kabupaten Kebumen dari berbagai modus penipuan, yang akan terus dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,“ tandas Yoga. 

Diketahui, dalam kegiatan sosialisasi desa Binaan ini, turut hadir Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian Pratiwi Wulandari, Perwakilan dari BP3MI Jawa Tengah Sakiyah, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kebumen Ika, Kepala Desa Jatijajar beserta warganya.

(Sae).