Kodim 0704 Banjarnegara, antisipasi pancaroba, giatkan penanaman pohon


BANJARNEGARA, Faktajurnal.com - Dandim 0704/Banjarnegara Letkol CZI Teguh Prasetyanto, ST, turun langsung kelapangan mengikuti kegiatan penanaman pohon dan pembersihan pasar dalam upaya menghadapi pancaroba dan mencegah timbulnya penyakit, 

Dandim 0704/Banjarnegara Letkol CZI Teguh Prasetyanto ST, menyampaikan, kami secara serentak melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk penanaman pohon, pembersihan pasar buah dan pasar sayur, serta selokan air di wilayah Kecamatan Banjarnegara.


Kodim 0704/Banjarnegara, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat dan melibatkan partisipasi masyarakat dalam membersihkan dua pasar, yaitu pasar salak dan pasar sayur. 

'Pembersihan dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya wabah penyakit yang diakibatkan berkembangnya nyamuk, terutama demam berdarah. Selain itu, selokan air juga dibersihkan guna mencegah banjir dan kelancaran aliran air” tegasnya.

Selain itu tegas Dandim, Pohon ditanam di area yang rawan longsor dan di pinggir jalan yang berpotensi longsor sebagai upaya mitigasi bencana. 


"Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, wilayah Kodim 0704/Banjarnegara dapat terhindar dari bencana alam dan wabah penyakit, khususnya demam berdarah. Masyarakat diimbau untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan," tandanya, 

Sementara itu, Camat Banjarnegara, Sonhaji, menyampaikan dukungan penuh dari Pemerintah Kecamatan terhadap kegiatan ini.Penanaman pohon sebagai penahan dan pengikat tanah sangat penting untuk mencegah longsor, terutama dalam menghadapi perubahan iklim. Kami sangat mendukung Program Kodim 0704 Banjarnegara untuk kepentingan warga. 

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kodim 0704/Banjarnegara, pemerintah Kecamatan, Polri, dan masyarakat, sebagai wujud sinergi dalam menjaga lingkungan dan keamanan wilayah," pungkas Dandim. 


Sumber : Pendimbna. 

Jurnalis : S@e.