Dokkes Polres Purbalingga, respon cepat tangani petugas KPPS pingsan


Purbalingga, Faktajurnal.com -  Seksi Dokkes Polres Purbalingga yang merupakan Subsatgas Yankes Operasi Mantap Brata Candi 2024, terus memantau kesehatan personel pengamanan dan petugas KPPS di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Kasi Dokkes Polres Purbalingga Iptu dr. Nikko Aulia Rachman mengatakan, kami terus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personel TNI, Polri maupun petugas penyelenggara Pemilu seperti KPPS, PPK dan Linmas di wilayah Kabupaten Purbalingga. Kamis (15/2/2024).

"Pemeriksaan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatannya karena para petugas ini telah bekerja keras melaksanakan kegiatan tahap Pemilu 2024 sampai saat ini paska penghitungan suara," ucapnya.

Disampaikan bahwa, pemeriksaan dan  pengecekan kesehatan harapannya agar peristiwa seperti pada Pemilu 2019 tidak terulang lagi. Saat Pemilu 2019 banyak petugas KPPS yang kelelahan hingga meninggal dunia. Hal itu yang perlu diantisipasi.


"Dengan pemeriksaan kesehatan secara intensif diharapkan peristiwa seperti Pemilu 2019 dimana banyak anggota KPPS yang meninggal dunia tidak terulang kembali," tegasnya.

Kasi Dokkes menambahkan terkait kejadian di wilayah Kabupaten Purbalingga, pihaknya telah melakukan respon cepat terhadap informasi adanya  petugas KPPS yang pingsan karena kelelahan. Peristiwa tersebut terjadi Kamis (15/2/2023) dini hari di TPS 12 Kelurahan Purbalingga Kidul.

"Kami datang dan mengevakuasi petugas KPPS tersebut kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. Alhamdulillah kondisinya sudah membaik walaupun harus menjalani rawat inap," jelasnya.

Terkait pemeriksaan kesehatan tersebut mendapat respon positif dari berbagai pihak. Salah satunya Agung Waluyo PPS Desa Penolih, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. Menurutnya kegiatan pemeriksaan kesehatan sangat membantu petugas KPPS yang telah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

"Dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan maka akan diketahui kondisi para petugas KPPS, apakah dalam kondisi sehat atau harus mendapatkan penanganan," ucapnya.


Agung menambahkan ada pemeriksaan kesehatan dari Polri yang datang para KPPS tidak harus datang ke Puskesmas untuk memeriksa kesehatan. "Kami sangat berterima kasih atas pemeriksaan kesehatan ini," katanya.

Hal serupa disampaikan Ketua PPS Desa Sidanegara, Muhammad Aziz Usmawan. Menurutnya pemeriksaan kesehatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami petugas penyelenggara Pemilu 2024. Setelah selesai tahap perhitungan di TPS tentunya kondisi kesehatan yang menurun karena kurang tidur, kurang makan sangat riskan terhadap penyakit.

"Dari pemeriksaan ini tentunya bisa berkoordinasi dengan dokter dan mendapatkan saran terkait kondisi kesehatan sehingga kesehatan petugas penyelenggara pemilu dapat terkontrol," ucapnya.

Muhammad Aziz mengucapkan terima kasih kepada Dokkes Polres Purbalingga atas pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan kepada penyelenggara pemilu hingga ke tingkat desa.  (S@e).