Mahasiswa Cipayung Plus Bersama BEM Se-Kabupaten Cilacap, Gelar Pemilu Damai 2024


Cilacap, Faktajurnal.com - Aliansi Mahasiswa Cipayung Plus dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi se-Kabupaten Cilacap menggelar deklarasi Pemilu Damai 2024 di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Rabu (7/2/2024). 

Dalam deklarasi tersebut, aliansi Mahasiswa juga mengajak elemen masyarakat untuk bersama - samaa menyatakan komitmennya mendukung penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang Bermartabat, Berintegritas, Jujur, Adil, Aman, Damai, dan Demokratis di wilayah Kabupaten Cilacap. 

Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono mengatakan, kepada seluruh mahasiswa dan unsur masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan demokratis. Ia menjamin bahwa pihaknya akan mengamankan seluruh proses Pemilu, mulai dari kampanye hingga pemungutan dan penghitungan suara.

“Kami mengerahkan sekitar 500 personil untuk mengamankan sekitar 6.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Cilacap. Kami juga akan bekerja sama dengan unsur TNI dan linmas untuk menjaga situasi tetap kondusif,” kata Ruruh.


Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cilacap, Taryo, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud ikhtiar untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah berbagai perbedaan yang ada. Ia berharap agar Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan tanpa konflik.

“Kami mengapresiasi langkah aliansi mahasiswa Cipayung Plus dan BEM Perguruan Tinggi se-Kabupaten Cilacap yang telah mengambil inisiatif untuk mendeklarasikan Pemilu damai 2024. Ini menunjukkan bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam menjaga demokrasi dan keutuhan negara,” ujar Taryo.

Dikesempatannya, Pejabat Bupati Cilacap yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Sujito, mengajak segenap unsur masyarakat untuk turut memastikan bahwa pemilu damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan pemilu.

“Kami mengapresiasi deklarasi Pemilu damai yang dilakukan oleh aliansi Mahasiswa Cipayung Plus dan BEM Perguruan Tinggi se-Kabupaten Cilacap. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap masa depan bangsa. Kami berharap agar deklarasi ini bukan hanya seremonial belaka, tetapi harus mampu direalisasikan di lapangan,” tutur Sujito. (S@e).