Lurah Rejasari apresiasi : Inspiratif Ide Lomba PKK RW.007 Peringati Hari Kartini 2024

Jurnalis FJ Banyumas (sae)







Banyumas, Faktajurnal.com - Ibu -ibu PKK RW.007 Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, merayakan hari Emansipasi & kesetaraan Gender yang diperjuangkan oleh ibu Kartini dengan beragam kegiatan. 

Kegiatan yang ini mengambil tajuk "Wanita Tangguh di Era Ekonomi Digital" dengan pagelaran lomba kuliner Nusantara 2024. dan mempromosikan produk UPPKA hasil olahan ibu-ibu binaan kampung KB, yang bertempat di Aula pertemuan RT.005/ RW.007, Kelurahan setempat, pada Minggu (28/4/2024).

Hadir Lurah Rejasari, PLKB Kelurahan Rejasari, Pokja 3 TP PKK Kelurahan Rejasari, Ketua RW 007, Ketua RT se RW 007, ibu-ibu PKK se RW 007 di lokasi perlombaan.

Ketua PKK RW.007 Rejasari Asma Asiyah, menyampaikan bahwa kegiatan merayakan hari Kartini yang dilakukannya adalah dengan dengan menggelar workshop untuk ibu – ibu dilingkungannya, 

Serta diskusi workshop tentang emansipasi perempuan untuk meningkatkan kesadaran hak-hak perempuan dan cara untuk mengatasi berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Hari Kartini adalah momentum tepat bagi ibu - ibu untuk bersatu dan belajar lebih banyak tentang bagaimana bisa berkontribusi untuk kemajuan perempuan di masyarakat,"kata Asma.



Dijelaskan Asma, lomba kuliner Nusantara 2024, diantaranya olahan masakan khas berbagai daerah yang ada di Indonesia, yang menggunakan bahan dasar, bahan baku berbagai macam. Dan lomba diikuti oleh 7 kelompok dari masing-masing perwakilan RT sebanyak dua orang peserta.

"Lomba kuliner ini meliputi ayam bakar taliwang dengan plecing kangkung dan sambel beberuk dari Lombok, ikan bakar sambal colo-colo dengan bubur Manado dan ikan asin dari Manado, ayam goreng kalasan dengan sayur asam dan sambal terasi dari Jogjakarta,''

"Tongseng daging kambing dan tengleng dari Solo, pecel Madiun dengan gepuk daging dari Jawa Timur, pepes ikan nila bumbu pedes dan karedok juga sayur asem dari Jawa Barat, juga nasi uduk Betawi dengan semur jengkol dari Jakarta," jelas Asma.

Lurah Rejasari, Ning Anggoro SPd, dalam sambutannya, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada PKK RW.007, yang terus aktif dan menginspirasi yang lain, Selamat merayakan Hari Kartini. semoga Semangat perjuangan Kartini terus melekat di Ibu-ibu PKK RW.007.

"Semangat Kartini yang tak kenal lelah patut kita jadikan teladan, dan dihidupkan kembali melalui kegiatan inspiratif, salah satunya dengan mengadakan lomba-lomba yang menarik dan bermanfaat, seperti lomba kuliner Nusantara 2024 yang dilaksanakan oleh PKK RW.007," ucapnya.

Menurutnya, hal ini sangat menginspirasi, tidak hanya di lingkungan RW saja, bahkan kegiatan ini bisa di lombakan di tingkat kelurahan. Khususnya di Pokja 3 TP PKK  yang membidangi sandang pangan, jika ibu-ibu PKK RW.007 bisa, tentunya Pokja 3 TP PKK lebih bisa lagi.



Ketua RW.007 Drs Rubimanto MPd, menyampaikan terimakasih dan bangga, berharap kegiatan PKK tidak hanya ini saja, tapi juga kegiatan lain yang bisa bermanfaat untuk kalangan ibu-ibu dilingkungan RW.007.

"Kegiatan kuliner Nusantara ini tidak hanya menduplikat, bisa mengolah jenis makanan dari berbagai daerah manapun. Karena tidak semua orang bisa mengolah makanan sesuai dengan ciri khas dari daerah se Indonesia," tandasnya.

Salah satu juri, Tri Vera menyampaikan, ibu - ibu sangat kreatif, mampu membuat jenis makanan yang dilombakan menjadi sangat bernilai, semuanya persis sesuai dengan duplikat aslinya. Harapannya ibu ibu bisa melanjutkan membuat berbagai olahan makanan lainnya.

"Sehingga bisa menjadi nilai tambah ekonomi. Dengan daya kreatif ibu-ibu bisa memproduksi dan menjual dengan menitipkan ke warung-warung yang terdekat," ungkapnya.

Untuk diketahui dewan yuri menentukan  Juara 1  RT.004, juara 2 RT.002, dan juara 3  RT.006. Semua makanan enak, sedangkan kompetisi harus ada yang menjadi nilai lebih sebagai juaranya. (Djarmanto).