Pemudik asal Banyumas, dapat bantuan fasilitas bus gratis dari Pemprov Jateng

Jurnalis FJ Banyumas (sae)








BANYUMAS, Faktajurnal.com - Pemerintah Propinsi Jawa Tengah memberikan bantuan fasilitas bus gratis untuk 700 orang pemudik asal Banyumas, yang hendak balik merantau ke Jakarta dan sekitarnya.

Bantuan tersebut berasal dari Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dan instansi lainnya dengan menyediakan sebanyak 14 unit bus beserta armadanya, dipusatkan di Terminal bus Bulu Pitu Purwokerto, pada Sabtu (20/4/2024).

Pemberangkatan bus gratis dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno disaksikan oleh Pj Bupati Banyumas secara virtual dari Asrama Haji Donohudan Boyolali.


Dinilai Sumarno bahwa, program tersebut berkontribusi terhadap penurunan angka kecelakaan selama musim mudik & balik Lebaran, sebagai program tahunan serta sekaligus upaya mengurangi kemacetan arus lalu lintas di jalan raya.

“Kalau tidak ada program ini, kemungkinan mereka akan mudik dan balik naik sepeda motor. Sedangkan hasil evaluasi, sepeda motor paling banyak berkontribusi pada angka kecelakaan di masa mudik dan balik Lebaran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sumarno menjelaskan, program ini terselenggara atas kerja sama antara Pemprov Jateng, Badang Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng, serta stakeholder terkait.

Berharap, kedepan kontribusi pemerintah kabupaten/kota lebih dioptimalkan. Utamanya terkait penyediaan fasilitas pemberangkatan peserta di setiap daerah.


Sementara, Pj Bupati Banyumas dikesempatan itu, berpesan kepada Crew Bus untuk berhati hati dijalan agar selamat sampai tujuan.

"Kepada warga yang kembali ketempat kerja berpesan agar semangat bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan semoga tahun depan bisa ikut mudik lagi dan selalu diberi kesehatan," tuturnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan mudik gratis ini.  (**).