Daun Sembung Sangat Bermanfaat Untuk Obat Tradisional


Jurnalis FJ



Faktajurna.com Banjarnegara --
Di awal tahun 2023 dr. Agus Ujianto.Msi.Med.,SpB bersama Yayasan Bumi Sehat Banjarnegara mengupas tuntas manfaat daun Sembung untuk obat tradisional dan manfaat buat kesehatan.

Manfaat Daun Sembung Untuk Obat Tradisional
Daun sembung berasal dari Nepal yang hidup ditempat terbuka agak terlindung di tepi sungai dapat tumbuh di tanah berpasir atau tanah yang agak panas. Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, daun sembung memiliki bulu-bulu halus.

Punya sifat rasa pedas, Sedikit pahit, Agak hangat, dan harum. Daun ini biasa digunakan untuk melancarkan sirkulasi, Menghilangkan bekuan darah, Pembengkakan serta anti rematik. Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalamnya adalah Borneol, Cineole, Limonene, Dimethylether phloroacetophenone. Daun sembung memiliki manfaat untuk obat tradisional begitu banyak.

1. Mengobati Diare
Ambil 1 genggam daun sembung, Cuci daun sampai bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi satu setengah gelas. Minum air rebusan 3X ½ gelas dengan madu seperlunya. Mudahkan, Jika anda sewaktu-waktu diare obati aja dengan daun sembung ini.

2. Meningkatkan Empedu
Untuk meningkatkan empedu caranya mudah, Yaitu ambil daun sembung 4 helai, Rebus sampai mendidih dengan air 110 ml, lalu saring dan di ambil air. Minumlah 1 kali sehari sebanyak 100 ml.

3. Haid tidak teratur, tidak nafsu makan.
Caranya ambil 3/5 genggam daun sembung, cuci sampai bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa ¾ campur dengan madu. Minumlah sehari 3 x ¾ gelas.

4. Mengobati Magh
Penyakit magh merupakan suatu keadaan kesehatan dimana terjadi pembengkaan, Peradangan, atau iritasi pada lambung. Magh muncul ketika seorang telat makan. Namun, Jangan abaikan penyakit ini. Terapi saja dengan minum rebusan daun sembung.
Caranya, Ambil 5 lembar daun sembung. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa ½ gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu minum sebelum makan pagi atau sarapan. Bagi anda yang punya penyakit magh obati saja dengan air rebusan daun sembung, jangan menunda untuk mengobati penyakit ini sebelum menjadi magh kronis atau magh angkut.

5. Nyeri dada Akibat Penyempitan Pembuluh Darah Jantung
Mengobati nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah jantung, sediakan ½ genggam daun sembung, cuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi ¾ nya. Setelah dingin saring air rebusan lalu campurkan madu seperlunya. Minum  sehari 3x ¾  gelas.

6. Mengobati Beri-Beri
Beri-be6r2. , ,,,ri adalah penyakit kekurangan vitamin B1 yang mempengaruhi banyak sistem tubuh. Coba obati dengan daun sembung. Caranya, Ambil ¼ genggam daun sembung, ¼  genggam daun turi, ¼  genggam daun legundi serta 3 buah cabe jawa. kemudioan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum 2 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

7. Nyeri Haid
Sediakan 5 lembar daun sembung dan 2 biji kedaung, kemudian panggang dan haluskan. Lalu rebus dua bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai sisa ½ , minumlah setelah dingin.

8. Mengobati Demam
Ambillah daun sembung secukupnya, cucilah terlebih dahulu setelah itu rebus sampai mendidih dengan air 1 panci, basahi handuk kecil dengan ramuan tersebut, kemudian basuhkan badan, muka, kaki dan tangan.4l1