MI Ma'arif NU 01 Rakit Berswisata Edukasi Ke Peternakan Kambing di Desa Pingit

 



Faktajurnal.com Banjarnegara -- Untuk meningkatkan mutu pendidikan kepada siswa - siswinya MI Ma'arif NU 01 Rakit adakan Wisata Edukasi ke peternakan kambing di Desa Pingit Kecamatan Rakit Kamis (22/12/2022).

Kepala Sekolah MI Ma'arif NU 01 Rakit Lyna Fatma Nuzulia S.Pd.I menuturkan dengan di ajaknya wisata edukasi ini tiada lain untuk mengenalkan bahwa di s sekitar lingkungan kita itu banyak sekali yang perlu dikenal. 

Pada kesempatan kali ini kami mengajak siswa-siswinya berwisata edukasi ke peternakan kambing, karena siswa-siswi perlu sekali di beri pelajaran di luar kelas.

Mungkin ada yang bertanya-tanya wisata ko ke kandang kambing? Ini perlu kami jelaskan bahwa wisata yang seperti ini yang banyak menyerap pendidikan, di samping itu juga sangat ekonomis. 

Jadi dalam berwisata itu tidak perlu jauh-jauh intinya kita bisa mengenalkan siswa-siswi ke pada alam terbuka,.

Kami juga sudah mengingat dan menimbang setelah kita dilanda bencana nasional yaitu covid 19, ekonomi kita menurun drastis, maka jika kami ajak berwisata jauh kasihan sama wali muridnya.

Juga kamu punya tujuan untuk membangkitkan wisata yang ada di wilayah kita sendiri, karena mau siapa lagi yang mau membangkitkan wisata yang ada di daerah kita sendiri, kalau bukan kita.

Kebetulan di Desa Pingit ada peternakan kambing yang bagus dan bersih lokasinya, kambing-kambingnya keliatan sehat dan bersih.



Dan kami terangkan manfaat dari kambing tersebut yaitu di samping dagingnya yang bergizi, susunya juga bisa diperas menjadi minuman segar dan menyehatkan termasuk kotorannya a bisa buat pupuk tanaman yang tidak mengandung kimia," pungkasnya.

H. Misrun pemilik peternakan kambing yang berada di Desa Pingit 01/01 Kecamatan Rakit Banjarnegara menjelaskan bahwa saya dalam merawat kambing itu selulu mengutamakan kebersihan, sebab jika kandangnya bersih tapi kambingpung merasa senang tidak jauh dengan manusia jika rumahnya bagus bersih pasti seneng dan bahagia.

Dan saya utamakan makan minumnya selalu kita beri makanan yang bergizi, juga kita selalu memeriksa kesehatannya, kebetulan kita dapat bimbingan dari dokter hewan," tuturnya.

Siswa-siswipun merasa seneng bisa belajar dialam terbuka dan bisa mendapat banyak pengalaman.(Nur S)