Ketua DKKB Sadewo Kukuhkan Pengurus Pakumas di Enam Kecamatan

 

Istimewa

Faktajurnal.com PURWOKERTO - Wakil Bupati Banyumas selaku Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB), Sadewo Tri Lastiono mengukuhkan para pengurus Paguyuban Ebeg Banyumas (Pakumas) di 6 kecamatan. Pengurus yang dikukuhkan yaitu Pakumas Koordinator Kecamatan Baturraden, Kedungbanteng, Purwokerto Utara, Selatan, Barat dan Timur.

Pengukuhan dilaksanakan di Pendapa Wakil Bupati Banyumas, Senin 6 Maret 2023. Turut hadir dalam pengukuhan Anggota DPRD Provinsi Jateng, Juli Krisdianto, Penasehat Pakumas, Suherman beserta jajaran pengurus, pengurus DKKB dan perwakilan paguyuban di enam kecamatan.

Ketua Pakumas Ade Suprapto dalam sambutanya mengatakan, pengukuhan pengurus ini untuk penataan organisasi di setiap kecamatan, sehingga nantinya Pakumas memiliki data riil paguyuban Ebeg Banyumas.

"Pembentukan Pakumas tingkat kecamatan untuk memudahkan koordinasi pengurus tingkat kabupaten kepada pengurus tingkat kecamatan," katanya.



Menurutnya saat ini perkembangan seni ebeg di Banyumas semakin masif. Paguyuban ebeg yang tercatat di Pakumas sekitar 300an. Jika secara total terdapat sekitar 500an paguyuban ebeg di Kabupaten Banyumas.

"Ini yang perlu kami tata agar organisasi ebeg semakin berkembang dan terukur dalam rangka melestarikan kesenian tradisional Banyumas," katanya.

Ketua DKKB Banyumas yang juga Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono mengatakan, kesenian ebeg Banyumas sudah menjadi warisan budaya sehingga perlu dilestarikan oleh para pelaku seni tradisional khususnya ebeg Banyumas. Ia berharap, ebeg Banyumas memiliki rumah untuk pengembangan kesenian tradisional di Banyumas.

"Banyumas Kota Lama sekarang sedang dikembangkan menjadi wisata budaya. Di sana sudah ada rumah lengger. ke depan diharapkan ada rumah ebeg di Banyumas dan rutin diadakan pentas seni tradisional Banyumas," katanya.(Nur S)