Warga Desa Danasri Lor Cilacap Hadiri Sosialisai dan Bintek SDGs

 



Faktajurnal.com, Cilacap - Pemerintah Desa (Pemdes) Danasri Lor Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bintek) Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2023, di pendopo balai desa setempat. Senin 3 April 2023.

Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Desa Danasri Lor Dalail, Camat Nusawungu Misran SH.MH,. Ketua RT, RW, Direktur Bumdes beserta Stafnya, Dalail menyampaikan, terima kasih kepada seluruhnya hadirin yang telah hadir memenuhi undangannya. 

"Saya berharap kepada seluruh peserta dalam mengikuti Sosialisasi dan Bintek SDGs pada hari ini, dari awal sampai akhir berjalan aman dan lancar sesuai yang kita harapkan,"ucapnya.


Misran SH, MH,. dalam paparannya mengatakan, SDGs merupakan pola pembangunan berkelanjutan jangka panjang yang memenuhi kebutuhan dasar yang terus menerus tak akan habis. Adapun tujuannya yaitu ada 17 tujuan, namun urgensinya hanya tiga pokok saja.

"Hal tersebut berharap, dalam pola pembangunan berkelanjutan jangka panjang dapat terwujud yaitu untuk menanggulangi Kemiskinan, Kesenjangan dan Lingkungan," katanya.

Misran SH,MH, menambahkan, SDGs pada tahun ini atas dasar kesepakan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) berawal dari tahun 2000 sampai 2015 yang merupakan tahap awal momentum pembangunan berkelanjutan atau Millenium Development Goals (MDGs).

"Sedangkan hari ini berdasarkan kesepakatan PBB yang mencakup 193 Negara anggota termasuk Negara lndonesia, berkaitan MDGs yang belum berakhir diteruskan pada sesen kedua pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2030 yang disebut SDGs," jelasnya.

Dia menambahkan, harapan pemerintah pusat ditahun 2030 lndonesia akan zero atau nol, namun menurutnya seolah belum terwujud karena kesadaran atau rasa syukur warga masyarakat yang masih cukup rendah.

"Hal tersebut setelah kami cek hasilnya diseluruh wilayah Desa di Kecamatan Nusawungu, tidak kami temukan warga yang termasuk dalam kategori miskin ekstrim," pungkasnya. (Mbah/sae).