"NGURI-URI"BUDAYA PELEPASAN SISWA KELAS 6, SD NEGERI I KARANGSALAM, KECAMATAN SUSUKAN,KABUPATEN BANJARNEGARA


Foto : siswa SDN I Karangsalam


FaktaJurnal.com Banjarnegara -  Kamis, 22 Juni 2023 menjadi hari yang membanggakan bagi para siswa kelas 6 SD Negeri I Karangsalam. Dalam acara pelepasan siswa siswi setelah 6 tahun belajar dan menempuh ujian akhir di sekolah dasar. Acara ini sangat berarti bagi para siswa, wali murid, guru dan kepala sekolah.

Acara pelepasan diadakan di halaman sekolah. Ada sebuah tratag (Tenda)  yang berisi kursi untuk para siswa, wali murid dan sejumlah tamu undangan. Di seberang tenda berdiri sebuah panggung yang telah dihias untuk memeriahkan acara pelepasan tersebut. Hiasan di panggung itu dibuat secara bersama oleh siswa, wali murid dan guru. 

Sejumlah rangkaian acara tersebut  disusun sebagian besar menyisipkan budaya lokal. Salah satu hal yang unik ialah penggunaan "cucuk lampah" . Pada umumnya cucuk lampah digunakan dalam acara pernikahan adat Jawa untuk memimpin pengantin. Namun dalam acara  siswa kelas 6 ini, cucuk lampah berjalan paling depan memandu para siswa kelas 6 menuju  tempat pelepasan yaitu tenda di depan panggung. 

Yang bertugas menjadi cucuk lampah ini adalah siswa yang duduk di kelas sebelumnya atau adik kelas. Dengan diiringi musik pengiring gamelan Jawa, cucuk lampah dengan luwes melakukan tugasnya. 

Selain cucuk lampah, ada siswa kelas 5 yang mengisi acara dengan  membawakan tari kreasi ebeg ( Kuda Lumping) . Mereka pun menari dengan lincah untuk menghibur para tamu undangan. Kepala SD Negeri I Karangsalam Roso Sarwono,S.Pd mengatakan "acara pelepasan ini lebih menekankan pada pengenalan kebudayaan khususnya budaya Jawa Tengah. Budaya jawa merupakan salah satu budaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan, karena sangat bernilai positif bagi anak didik dan membawa dampak sosial dalam kehidupan sehari hari dilingkungannya".

Acara pelepasan ditutup dengan pemberian penghargaan bagi 3 siswa peraih nilai ujian sekolah tertinggi di SD Negeri I Karangsalam. (Diah NS)