KPU Purbalingga, menerima Piagam Penghargaan MURl


Purbalingga, Faktajurnal.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, menggelar Pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) secara serentak, di seluruh wilayah desa yang tersebar di Kabupaten Purbalingga, pada Kamis (25/1/2024).


Hal tersebut, sehingga KPU Purbalingga menerima Piagam Penghargaan dari Museum Rekor lndonesia (MURI) dengan 3 kategori terbanyak yaitu : 


1. Pelantikan secara serentak anggota penyelenggara Pemilu terbanyak.

2. Bimbingan Teknis secara serentak kegiatan penyelenggara Pemilu terbanyak.

3. Penanaman bibit pohon secara serentak oleh penyelenggara Pemilu terbanyak.


Ketua KPU Kabupaten Purbingga, Zamaahsari dalam sambutannya menyampaikan bahwa KPU berkomitmen pada pemilih di kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara.



"Hari ini mereka telah diberikan Bimbingan Teknis (Bintek) kepada 7 orang anggota KPPS. Di harapkan agar anggota KPPS bekerja berdasarkan ketentuan perundangan, kode etik penyelenggara Pemilu, profesional, berintegritas, serta bertanggungjawab dan transparan," kata  Zamaahsari.


Zamaahsari menambahkan, KPPS sangat peting perannya dalam penyelenggaraan Pemilu yang di atur dalam  UU nomer 7 tahun 2017, tentang Pemilu dan salah satu tugas KPPS adalah melakukan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.


Menurut Zamaahsari, Pelantikan KPPS Kabupaten Purbalingga sebanyak 5.741.127 orang, untuk ditugaskan di 820.161 TPS yang tersebar di 71.000 titik bersamaan dengan melakukan penanaman bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan.


"Menanam bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup dan kebutuhan logistik," ujarnya.



Lebih lanjut Zamaahsari menjelaskan, sebanyak 65.998 ton atau setara 65.998 kg kertas, hal itu dapat di ganti dengan menanam 5.709.808 bibit pohon mengganti 11.6 kg kertas sama dengan 66.234.816 kg  atau 66.235 kg jumlah tersebut, setara dengan kertas yang di gunakan Pemilu tahun 2024 ini," ujarnya.


Dikesempatan itu Wagiman Wilman Ketua KPPS Desa Gondang menyampaikan,

sejak di lantik pada hari ini anggota KPPS bersikap netral.


"Netral bukan berarti netral tidak memilih tapi tetap memilih," pesannya.


Sementara itu, Amin Mustofa Kades Gondang menyampaikan, ucapan selamat atas dilantiknya anggota KPPS, semoga 

Pemilu serentak 2024 berlangsung luber dan jurdil.


"Anggota yang KPPS belum menguasai materi ikutilah bintek dengan seksama," pungkasnya.    (Hers)