UIN SAIZU Purwokerto Raih Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul dari BAN - PT


BANYUMAS, FAKTAJURNAL.COM - Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto, Kabupaten Banyunmas, menorehkan prestasi sebagai perguruan tinggi dengan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 349/SK/BAN-PT/Ak/PT/lIl/2024. tertanggal 26 Maret 2024.

Rektor UIN Saizu Purwokerto,Prof Dr H Ridwan MAg kepada awak media Jum'at (29/03/2024) melalui jaringan telpon mengatakan, akreditasi unggul menjadi salah satu parameter tentang kualitas layanan perguruan tinggi dan Akreditas ini merupakan cita cita besar yang juga membutuhkan energi yang besar.

Menurutnya, Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) merupakan wujud rekognisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bahwa perguruan tinggi memiliki tata kelola yg baik (Good University Governance) dengan layanan pendidikan yang berkualitas menciptakan lulusan yg kompetitif.

"Raihan UIN Saizu Purwokerto sebagai perguruan tinggi dengan predikat akreditasi unggul merupakan capaian bersejarah sekaligus pengakuan pemerintah bahwa layanan pendidikan UIN Saizu Purwokerto memiliki standar kualitas unggul," terangnya. 

Selanjutnya, tugas ke depan UIN Saizu Purwokerto akan lebih mengembangkan dan menegaskan keunggulannya dengan tiga program pokok yaitu internasionalisi Program studi, riset kolaboratif dengan PT luar negeri : Penguatan dan kemandirian BLU dan transformasi digital pada semua layanan kampus.

"Capaian APT Unggul UIN Saizu adalah hasil kerjasama sama yang sinergis seluruh komponen civitas akademika. tenaga kependidikan, alumni dan stakeholders. 

Atas nama pimpinan universitas, saya ucapkan  terima kasih dan apresiasi atas dedikasi dan kerja kerasnya mencapai kesuksesan APT Unggul.

Hari ini UIN Saizu Purwokerto menjadi kebanggaan warga masyarakat Banyumas dan sekitarnya, memiliki 5 fakultas dengan 36 prodi.

"Yang sudah mendapatkan akreditasi A Unggul ada 15 prodi, target tahun 2024 ada 4 prodi yang akan unggul," pungkasnya. (Djarmanto/S@e).