Dindikpora Kab. Banjarnegara selenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024

 

FJ

FaktaJurnal.com BanjarnegaraPeningkatan prestasi peserta didik dalam bidang seni di tingkat Sekolah Dasar dan sebagai ajang pengembangan Kreatifitas, minat dan bakat yang bermutu dan dapat ditempuh melalui non akademik, untuk itu Dindikpora Kabupaten Banjarnegara menyelengarakan  ajang (FLS2N) Festiva dan lomba Seni siswa Nasional jenjang SD Tingkat Kab. Banjarnegara 2024, acara tersebut di selenggarakan di Surya Yudha Park selama 2 hari mulai 29 sampai 30 Apri,l pelaksanaan pembukaan pada Senin (29/04/2024). Acara tersebut diikuti 200 peserta siswa SD dari berbagai Sekolah Dasar yang berada di Kab. Banjarnegara.

 Untuk itu,  diperlukan pengembangan kecerdasan secara komprehensif dan bermakna, yaitu melalui aspek olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga. Pengembangan olah rasa untuk membentuk kecerdasan emosional dan sosial bertujuan untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan budaya.


 Heling Suhono Kabid SD Dindikpora  Kab.Banjarnegara menyampaikan kepada awak media “Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024, sangat berbeda dari tahun tahun kemarin karena tahun kemarin yang di kedepankan adalah Lomba, sesungguhnya yang benar adalah sebuah Festival yang punya arti sebuah kondisi yang menyenangkan bagi para peserta yang di dalamnya ada lomba lomba, sehingga untuk itu kita inapkan selama 2 hari.”

    Cabang Lomba, Jumlah Peserta dan Tempat

No

Cabang Lomba

Jumlah

Tempat

1

Menyanyi Tunggal

1

Bale Apung

2

Seni Tari

3

Rejasa Room

3

Pantomim

2

Rejasa Room

4

Gambar Bercerita

1

Madukara Room

5

Kriya Anyam

1

Surya Room

6

Yel  yel Kontingen

10

Bale Apung

“ Ajang Festival dan lomba seni ini adala Sebagai upaya memberikan ruang bagi Peserta didik untuk unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, dalam rangka untuk memperluas cakrawala pengetahuan seni, maka penting dilakukan penguatan kompetensi bidang seni sebagai ajang pengembangan seni bagi peserta didik. Diperlukan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik jenjang Sekolah Dasar dengan tetap mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal. Untuk itulah maka diselenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024. tambahnya