dr.H.Tangguh Purwokerto Utara, berikan layanan khitan gratis setiap saat

Jurnalis FJ Banyumas (sae)








BANYUMAS, Faktajurnal.com - dr.H.Tangguh Budi Prasetyo yang buka praktek beralamat di jalan Ringin Tirto no.53 Glempang Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas memberikan layanan khitan gratis setiap saat.

Layanan khitan gratis diberikan kepada masyarakat khususnya yang kurang mampu, anak yatim, dan kaum dhuafa. Mereka yang hendak khitan gratis hkanya menunjukkan syarat fotocopy KTP dan KK orang tua.

Khilal Muhammad usia 10 tahun salah satu siswa kelas III MI Ma'arif NU 01 Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, turut mendapatkan khitan gratis, melangkah dengan gagah ketika datang ke tempat praktek dr. H. Tangguh Budi Prasetyo, pada Senin (15/4/2024) sore. 


Khilal dikhitan diantar Ibu kandungnya Dewi Rahayu dan Komite Madrasah Murtadlo, Kepala Madrasah Nur Khasanah, Guru Madrasah Kusmirah. Kurang dari dua puluh lima menit, proses khitan sudah selesai. Tidak ada tangisan maupun rintihan dari Khilal. Karena menurut Dewi Rahayu, ibunda Khilal, keinginan untuk dikhitan sudah lama.

"Khilal nyuwun supit sampun dangu. Tapi kulo kalih keluarga dereng gadah biayanipun (Khilal minta khitan sudah lama. Tapi saya dan keluarga belum memiliki uang untuk biaya-red)," ungkapnya.

dr. H. Tangguh Budi Prasetyo, Selaku Penanggung Jawab dan pemilik tempat praktek menyampaikan, layanan khitan bagi keluarga kurang mampu, dhuafa, apalagi anak yatim piatu, sudah menjadi program reguler yang dilayani setiap hari kecuali sabtu dan minggu, tanpa menunggu massal di bulan tertentu.

"Satu tujuannya agar moment sekali seumur hidup menjadi kenangan yang baik, serta memberi kemudahan bagi penerima manfaat. Tentunya selain faktor kesehatan dan menunaikan kewajiban (bagi muslim). Bagi non muslim dan mualaf kami juga melayani khitan anak dan dewasa (mualaf). Prinsipnya dari keluarga kurang mampu, dhuafa apa lagi anak yatim piatu, pasti akan dilayani," Jelasnya

Dia menambahkan, tanpa harus repot-repot dan ribet, persayaratan untuk mendapatkan layanan khitan gratis bagi keluarga kurang mampu adalah datang untuk mendaftar dengan membawa fotocopy KK, KTP orang tua, langsung untuk dilakukan screening sebelumnya dan melihat kondisi kesehatan calon peserta. Jika sudah dinyatakan sehat dan siap, keluarga, serta petugas menentukan hari dan jam khitan.


"Datang, siap, cek, screening, sehat wal'afiat, langsung khitan, lancar selesai tidak sampai 25 menit, Alhamdulillah hari ini ada 3 anak yang dikhitan yang dibawa oleh sahabat jejaring kami yang berbeda-beda," tandasnya.

Selain mendapatkan layanan khitan, penerima manfaat juga mendapatkan obat, multivitamin setelah dikhitan. 

"Bagi Komunitas dan perusahaan yang akan turut ambil bagian dalam kebaikan tersebut, dapat datang langsung ke tempat praktek di Jl. Ringin Tirto No.53, Glempang, Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, atau menghubungi UPZ An Nur Purwokerto Barat, dan tim relawan kemanusiaan jejaring kami di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas,'' terangnya.

Dikesempatannya, Kepala Madrasah Nur Khasanah atas nama Madrasah dan penerima manfaat, menyampaikan terimakasih atas khitan gratis kepada siswa kami, semoga kebaikan dr Tangguh mendapat balasan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

"Kedepan semoga bisa terjalin kerjasama lebih lanjut agar lebih banyak lagi siswa kami dengan kategori kurang mampu ataupun yatim piatu dapat ikut merasakan khitan gratis." pungkasnya. (Djarmanto-YF2DOI).