Halal bi halal, awali kerja UPZ AN NUR Purwokerto Barat

Jurnalis FJ Banyumas (sae)









BANYUMAS, Faktajurnal.com  Setelah libur bersama Lebaran 1445 H, Tim UPZ Mushola An Nur Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, melaksanakn halal bi halal dan berkunjung  rumah Ketua UPZ An Nur.

Acara tersebut berlangsung di salah satu rumah Muzaki UPZ An Nur, dilanjutkan berkunjung ke rumah Ketua UPZ di Rejasari, pada Selasa dan Rabu sore, tanggal 16 - 17 April 2024.

Kegiatan silaturrahmi dan halal bi halal dipilih untuk dilaksanakan pada hari pertama kerja pasca Lebaran, dengan alasan, sebagai ikhtiar persiapan para pengurus dan petugas lapangan Unit Pengumpul dan Pentasauran Zakat Infaq dan Sedekah.

Lantaran yang mudik sudah kembali lagi ke Purwokerto Barat, untuk bersama-sama melaksanaan amanah dari Baznas Banyumas.

Mengingat bahwa UPZ AN Nur Purwokerto Barat merupakan pilot projek dalam Pengumpulan, pengelolaan dan Pemanfaatan ZIS masyarakat di Purwokerto Barat dan sekitarnya.

”Kita sengaja pada hari pertama kita aktif  bekerja sebagai tim UPZ, langsung adakan halal bi halal seperti ini supaya tidak ditunda-tunda lah niat baik harus disegerakan " kata Asiyah Ketua UPZ AN Nur.


Libur Lebaran telah berakhir, Halal bi halal, memberikan momentum bagi tim UPZ AN Nur, untuk kembali fokus pada tugas sebagai amil, yang merupakan kepanjangan tangan dari BAZNAS Kabupaten Banyumas, dengan visi misinya. 

Asiyah menekankan, setelah liburan, Tim UPZ An Nur, kini harus lebih bersemangat guna laksanakan amanah pilot projek UPZ di Kabupaten Banyumas, terus masifkan masyarakat cinta Zakat Infak dan Sedekah.

“Hari ini juga Ustadz Rois dan Aulia sebagai Sekretaris  UPZ, beliau yang akan  memimpin rapat evaluasi bulanan. Terkait beberapa program kerja yang telah dilaksanakan UPZ AN Nur " ucapnya.

Asiyah menambahkan, berjalannya waktu kita semua harus lebih profesional pada ketika menjumpai poin-poin kritis, harus segera direspon, dikerjakan, dicarikan jalan keluarnya oleh tim UPZ An Nur,” katanya.

Menurutnya, tim petugas lapangan, merupakan ujung tombak, dan menyatakan bahwa mereka akan segera turba ke beberapa titik wilayah baik di Rejasari, Purwokerto Barat dan sekitarnya, untuk bersilaturrahmi.

"Sosialisasi cinta zakat infaq dan  sedekah, dengan segala kemanfaatanya. Rencananya, silaturrahmi akan dilakukan pada pekan depan " ujarnya.


Asiyah menambahkan,“Kemarin juga saya telah menyamar, mendadak berkunjung ke beberpara masyarakat di wilayah sambil bersilaturrahmi lebaran menggali berbagai informasi, sejauh mana masyarakat itu mengetahui keutamaan ZIS dan kemanfaatnya bersama Baznas dan UPZ An Nur.

"Sebagian masyarakat yang usia lanjut tapi mayoritas dalam keadaan sehat saat ini, yang tentunya  perlu dibantu diupayakan  ikhtiar perlindungan jaminan kesehatan, misalnya seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) gratis, insya allah Tim UPZ An Nur siap, untuk menjembatani kordinasi dengan para pihak pemangku kebijaksan yang mengurusi KIS,” Imbuhnya..

Dikesempatan itu, Penasehat Ustadz Daryanto, menyampaikan, bahwa Tim UPZ An Nur, harus lebih kreatif, jangan sampai mengalami penurunan semangat, harus lebih sat set lagi, setelah menjalani ibadah puasa sebukan penuh.

''Mari kita bergandeng tangan saling bantu membantu, terus mengedukasi masyarakat cinta zakat infak dan sedekah, untuk kemaslahatan ummat" tandasnya.

Dalam waktu dekat kita melaksanakan silaturrahmi ke beberapa kesepuhan, tokoh agama, tokok masyarakat, untuk memohon doa, nasehat dan arahan terkait dengan ZIS. 

"Bagi masyarakat  yang masih harus dibantu dalam edukasinya untuk cinta zakat " pungkas Ustadz Daryanto. (Djarmanto-YF2DOI).