Polresta Cilacap terjunkan 413 Personil Gabungan, amankan mudik lebaran 2024


[CILACAP] Faktajurnal.com -  Polresta Cilacap melaksanakan Apel Gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2024, bertempat di Alun - alun Kabupaten Cilacap, pada Kamis [4/4/2024].

Apel tersebut, guna memastikan kesiapan personel dalam mengamankan mudik lebaran tahun 2024.

Operasi Ketupat 2024 dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia selama 13 hari mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024. Polresta Cilacap melibatkan 365 personil Polri, 12 personil TNI, dan 36 personil dari stakeholder terkait. 

Dalam Apel tersebut, dipimpin oleh Pj Bupati Cilacap Bpk Awaluddin Murri , AP., M.M., didampingi Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Robby Edevaldo, S.A.P., M.Tr.Opsla, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P dan Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H.

Pj Bupati Cilacap Bpk Awaluddin Murri , AP., M.M dalam amanatnya membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

“TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024”, ucapnya.

Pj Bupati menambahkan Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

“Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024/1445 H,” lanjutnya.

Lebih lanjut Bapak Awaluddin Murri membacakan amanat Kapolri menyampaikan bahwa Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H” kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci”, tandasnya.

Selesai Apel gelar pasukan, Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H menambahkan Polresta Cilacap sendiri telah membangun 5 titik pos pengamanan. 

"Adapun titik yang kita bangun berada di perbatasan Banjar dan Dayeuhluhur (pos mergo), kemudian pos sinergitas TNI - Polri di Alun Alun Kab Cilacap, Pos di Stasiun, dan Pos Terpadu di Sampang" Ucap Kapolresta 

Kapolresta Cilacap mengatakan ada perbedaan pengamanan tahun ini dengan tahun lalu, "tahun lalu kita membangun 13 pos pengamanan, tahun ini hanya 5 pos dan kita perkuat dalam bentuk pos strong point di titik macet/keramaian"tambahnya. 

[S@e].