Silaturrahmi KAGAMA Cabang Banyumas, tekankan harus berguna dimana saja

Jurnalis FJ Banyumas (sae)








BANYUMAS, Faktajurnal.com - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (KAGAMA) Cabang Banyumas menggelar silaturrahmi, bertempat di Pendopo Si Panji Purwokerto, pada Minggu (21/4/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, Ketua Pengurus Daerah KAGAMA Jateng Suryo Banendro dan ratusan KAGAMA Cabang Banyumas lainnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro menyampaikan, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Cabang Banyumas dapat memberikan kontribusi dan membantu problematika yang ada di tengah masyarakat Banyumas. 



''Seperti membantu mengentaskan kemiskinan ekstrem, pengangguran yang angkanya masih cukup tinggi dan masalah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Banyumas'' harap Pj Bupati Banyumas.

Menurutnya, Kagama dapat melakukan itu, karena Alumni Universitas Gajah Mada ada diberbagai sektor, baik sebagai ASN di Pemkab Banyumas, dosen di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, di organisasi profesi seperti dokter, dokter gigi, dokter hewan, apoteker dan lainnya.

Sementara Ketua Cabang KAGAMA Banyumas Sadewo Tri Lastiono pada acara silaturrahmi tersebut, menyampaikan sejak dirinya diberi amanat menjadi Ketua Cabang pada tahun 2019, KAGAMA Banyumas sudah berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. 

"Diantaranya adalah kegiatan baksos pengecatan dan pendampingan warga kampung Dayak, kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Pelatihan batik kerja sama dengan BI Purwokerto, pemberian sembako di lokasi banjir di wilayah Kecamatan Tambak Sumpiuh dan Kemranjen. Ada juga kegiatan donor darah, dan focus group discussion (FGD) dengan UGM dan kegiatan sosial lainnya " jelasnya.



Sedangkan Pengurus Daerah KAGAMA Jateng Suryo Banendro menyebutkan bahwa untuk tingkat Jateng, KAGAMA juga sudah banyak memberikan kontribusi di sejumlah Kabupaten/kota yang ada di Jateng.

"Antara lain membantu korban bencana di Demak dan pembangunan rumah layak huni di Kabupaten Kebumen dan lain sebagainya. Ia berharap agar KAGAMA mempunyau prinsip, dimana berada harus tetap migunani dan memberi manfaat untuk lingkunganya" ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa,.Silaturahmi KAGAMA Banyumas juga diisi ceramah tentang hikmah silaturahmi oleh Ketua MUI Banyumas KH Taefur Arofat. (**).