Penuh haru mewarnai pelepasan siswa SMK Politeknik YP3I Banyumas

Jurnalis FJ Banyumas (sae)








Banyumas, Faktajurnal.com - Kepala SMK Politeknik YP3I Kalibagor, Banyumas, Eko Prajoko ST, melepas 234 siswa/i kelulusan Kelas XII angkatan Ke - 20 tahun ajaran 2023/2024, bertempat di Halaman Gedung Sekolah setempat, pada Sabtu (4/5/2024).

Pelepasan siswa/i SMK Politeknik YP3I Kalibagor Banyumas, terpantau awak media FJ, diwarnai penuh haru dan bahagia saat moment pengalungan medali orang tua siswa kepada anaknya yang didampingi kepala sekolah dan disaksikan ratusan siswa dan orang tua siswa.

Kepala SMK Politeknik YP3I Kalibagor Kabupaten Banyumas Eko Prajoko ST kepada awak media FJ menyampaikan, hari ini diselenggarakan pelepasan siswa dan siswi Kelas XII angkatan Ke - 20 tahun ajaran 2023/2024, dengan mengambil tema ''Bersama Poltek Kesuksesan Menanti, Kenangan Takan Terganti".

"Mereka yang dilepas berasal dari siswa jurusan tiga program keahlian, yakni  keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) Teknik Kendaraan Sepeda Motor (TKS) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKS), alhamdulillah berlangsung lancar " kata Eko Prajoko ST.



Selanjutnya disampaikan Eko Prajoko ST, terimakasih dan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah berupaya kerja keras dari persiapan hingga pelaksanaan hari ini berlangsung dengan sukses.

"Selain itu kami juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh orang tua siswa kelas Xll yang hari ini dilepas, semoga putra putrinya akan melanjutkan ke gerbong berikutnya yang lebih sukses " imbuh Eko Prajoko ST.

Eko Prajoko ST menambahkan, untuk siswa yang berprestasi mendapatkan reward bea siswa pendidikan, dari semua program  tingkat pertama paralel.Sedangkan untuk tingkat pertama mendapatkan uang sebesar Rp.1,5 juta, peringkat dua Rp.1 juta dan peringkat tiga sebesar Rp.750 ribu.

"Sedangkan untuk siswa teladan SMK Politeknik Yayasan Pembangunan Pertanian dan Pedesaan lndonesia (YP3l) mendapat bea siswa dari Universitas Bina Sarana dan lnformatika, kebetulan siswa tersebut tinggal di Asrama sekolah kami " ujar Eko.

Lebih jauh Eko menyampaikan bahwa, di sekolah kami terdapat 12 siswa yang tinggal di asrama, mereka mendapat fasilitas makan dan minum serta dibebaskan seluruh biaya administrasi pendidikan di sekolah kami.



"Kami berpesan kepada siswa/i yang telah lulus melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya untuk menjaga nama baik almamaternya " tandasnya.

Sedangkan untuk siswa yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya untuk melamar pekerjaan nanti di data dibuatkan kartu kuning yang telah bekerjasama dengan Disnakertrans Kabupaten Banyumas.

"Insyaallah besok tanggal 7 Mei 2024 secara mobile pembuatan kartu kuning dilayani di sekolah kami bahkan dari sekolah lain juga nanti akan dibuatkan disini " jelas Eko.

Sementara itu, Bagas Dwi Ardana siswa lulusan kelas Xll TKRO asal warga Karangrau Banyumas didampingi Gopan orangtuanya menyampaikan, terimakasih kepada pihak SMK Politeknik YP3I Kalibagor Banyumas.

"Saya telah mendapatkan ilmu untuk bekal masa depan saya, semoga nanti ikut membuat kartu kuning untuk melamar kerja dan cepat diterima sebagai karyawan, dan kepada adik - adik kelas di semoga bisa berprestasi " pungkas Bagas. (**).