WARGA DESA AMBAL BERSIHKAN JALAN KABUPATEN.

 





FaktaJurnal. Banjarnegara - Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022,Warga masyarakat bersama pemdes Ambal Kecamatan Karangkobar, Kab. Banjarnegara, kerja bakti bersihkan jalan Kabupaten sepanjang 3,5 km di ruas jalan Ambal,Jlegong dan Binangun Jum,at 22/7/2022.Acara tersebut di laksanakan dengan swadaya murni masyarakat dan berjalan lancar.



Menurut kepala desa Ambal Supriyanto saat di wawancarai menyampaikan bahwa " kegiatan tersebut rutin di laksanakan setiap tahun 3 kali.Masyarakat juga sangat antusias ketika ada kegiatan tersebut,karena mereka merasa berterima kasih kepada pemerintah yang telah banyak sekali membantu dan memberikan fasilitas kepada masyarakat".



Oleh karena itu kegiatan kerja bakti seperti ini juga merupakan bentuk dan ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Allah swt melalui pemerintah.Namun di sisi lain ada kekecewaan bagi masyarakat yang tidak mau di sebut namanya menuturkan bahwa ada kegiatan pembersihan jalan kabupaten di wilayah kami yang di kerjakan oleh orang lain ketika ada upah dan hok nya, padahal mereka hanya meneruskan kebersihan yang telah di kerjakan oleh warga.




Hal tersebut langsung saya sampaikan dan di klarifikasi oleh kades beliau menyampaikan bahwa pernah ada namun itu program perawatan jalan dari kabupaten, yang kami sendiri selaku kades tidak tahu prosedurnya,tetapi tiba tiba sudah ada tenaga kerja yang membersihkan jalan kabupten di wilayah kami dan bahkan pernah memakai alat berat.



Oleh karena itu kades mengharapkan ada perawatan rutin dari kabupaten sehingga pemdes tidak perlu menggerakkan warga untuk kebersihan jalan kabupaten atau ada komunikasi lebih lanjut dengan pihak pemdes apabila ada kegiatan kabupaten yang di laksanakan di wilayah desa sehingga pemdes dapat memberikan keterangan secara gamblang kepada masyarakat dan tidak menjadikan bumerang bagi pemdes ketika akan melakukan perawatan jalan kabupaten secara gotong royong oleh pemdes bersama masyarakat.