P5 TEMA KEARIFAN LOKAL PEMBELAJARAN OUTDOOR SMP NEGERI 1 WANADADI DI WISATA SEAKONG

 




Faktajurnal.com Banjarnegara - Sebagai implementasi kurikulum merdeka, para siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Wanadadi melakukan kunjungan sekaligus pembelajaran di luar kelas yaitu di tempat wisata Seakong atau Waduk Mrica. (Sabtu, 5/11)

Kegiatan start dari sekolahan, melantunkan yel-yel masing  masing kelompok guna menyulut semangat para siswa. Mulai berjalan meuju waduk mrica pukul 8.30 WIB. Para siswa berjalan sampai tempat tujuan dengan melantunkan yel-yelnya masing-masing.

“Sebagai sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka, mau tidak mau harus tetap menjalankan P5 atau Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Alhamdulillah sekolah kami dekat dengan tempat wisata Seakong atau Waduk Mrica, dimana tempat tersebut merupakan kearifan lokal desa Wanadadi. Di sana juga terdapat petani tambak dan petani melon, kami manfaatkan sebagai tempat belajar.” Kata Kordinator P5 tema Kearifan Lokal, Ma’rifah, S.E.



Para siswa tampak antusias melakukan kegiatan tersebut walau dibawah terik matahari. Rangkaian kegiatannya yaitu bermain game konsentrasi dimana telapak tangan kanan membuka dan jari telunjuk kiri diatas telapak tangan teman sampingnya. Setelah guru mengucapkan kata sesuai perjanjian; kata “melon” . para siswa berebut menangkat teluntuk temannya. Permainan konsentrasi ini membuat pecah suasana. Jika telunjuk anak tertangkap maka ada hukuman tersendiri.

Tidak hanya permainan tersebut, ada juga permainan tebak gerak, dan juga balapan bola. Permainan-permainan tersebut untuk melatih kekompakan kelompok.

Setelah permainan selesai, para siswa lanjut membuat konten untuk instagram atau tiktok tentang ajakan dolan ke Seakong dengan hastag AyoDolan Maring Seakong. Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, mereka diarahkan ke masjid terdekat untuk melaksanakan salat dzuhur berjamaah dan yang telah melaksanakaannya diperbolehkan pulalng ke rumah masig-masing.