Paguyuban Seni dan Budaya, Pelatihan Karawitan dan Pedalangan IKS

 

Jurnalis RodiAs


Faktajurnal Jakarta - Di era modern apalagi di Kota Metro Politan, sudah langka sekali seni karawitan dan Pedalangan karena tergerus oleh moderenisasi, IKS ( Ikatan Keluarga Semin) dan IKG Korkap Semin, bekerja sama dengan IKG ( Ikatan Keluarga Gunungkidul Pusat dan Badan Penghubung Daerah ( BANHUBDA) DIY.Rabu 22/2/2023.

Ketua IKS, Sulardi SH MH Ketua I dan Edy Susanto/ Edy Cing Ketua II IKS, sangat mengapresiasi IKS Semin, Paguyuban Seni dan Budaya DASA LAMBANGSARI IKS yang baru di rintis namun sudah membanggakan. 

Hadir juga Sekjend IKG Sastro dan Bendahara Umum Hj Siti Hardjariah, memberikan suport yang penuh kepada IKS Korcam Semin.


Yanto Sekjend IKS yang sangat aktip di Paguyuban Seni dan Budaya "Dasa Lambangsari bekerja keras bersama Suroto dan Sukandar karena beliau adalah Kabid Seni dan Budaya di IKS, terlihat dari binaan beliau yang baru se umur jagung sudah enak di denger , menurut Ketua IKS .

Ada yang unik di Paguyuban Seni IKS "Dasa Lambangsari" yaitu Dalang cilik" Arga Kurniawan Pasaribu, ini adalah Dalang cilik trah dari Batak, asuhan dari dalang senior Sukandar. Dan baru berlatih belum terlalu lama namun sabetannya sudah terlihat rapi dan bagus, nah tadi sempat di singgung oleh para petinggi petinggi IKS dan IKG, bagai mana dengan anak anak kita yang asli punya trah Seni Jawa Wayang Kulit apa tidak merasa kehilangan jika tidak di lestarikan, " ujar Sekjend IKG Sastro. ( Rodi AS )