Siswa SMAN 1 Purwareja Klampok “Nobar”

 


FaktaJurnal.com Banjarnegara- Pemutaran Film pendek dalam bentuk iklan layanan masyarakat (ILM) karya siswa-siswi SMAN 1 Purwareja Klampok Kab. Banjarnegara, diputar di ruang multimedia sekolah tersebut pada Jumat, 17 Februari 2023. Pemutaran 40 film pendek karya siswa ini dikemas dalam acara Nobar (nonton bareng). Semua film pendek tersebut merupakan hasil karya siswa SMAN 1 Purwareja Klampok dalam rangkaian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Film ini mengangkat 4 tema yaitu Kesehatan Mental, Bullying/Perundungan, Pergaulan Bebas dan Pola Hidup Sehat.

Siswa SMAN 1 Purwareja Klampok, Afrida menyampaikan, “pemutaran film ini menurut saya sungguh menarik, apalagi film ini adalah murni karya siswa-siswi SMAN 1 Purwareja Klampok. Selain itu film ini mudah dipahami pesan yang disampaikan,” katanya. Selain itu, film yang mereka buat juga mendapatkan komentar dan masukan, terkait kontennya dari guru pembimbing Cinematografi SMAN 1 Purwareja Klampok sebagai bentuk dorongan positif.



Linovia Karmelita, Kepala SMAN 1 Purwareja Klampok mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka gelar karya siswa dalam kegiatan P5 dengan tema bangunlah jiwa raganya. Ibu Via, sapaan akrabnya, mengatakan pesan dan nilai sosial, budaya dan pendidikan dalam karya karya film ini lebih ditekankan dalam pembuatannya. Karenanya, hasil karya cipta film ini diperuntukkan bagi siswa itu sendiri dan juga masyarakat secara umum. " Film dimanfaatkan sebagai media penyampaian pendidikan karakter karena lebih mudah dipahami oleh siswa. Kalau saya prinsipnya membuat film itu bukan hanya untuk melaksanakan tugas saja, tapi jadikanlah itu sebagai sebuah karya untuk memberikan pesan moral dan pendidikan bagi yang melihatnya," ujarnya.

Seperti yang diketahui, tontonan dapat menjadi salah satu upaya bagi pendidikan karakter yang paling mudah merasuk ke dalam pikiran dan jiwa anak-anak milenial seperti sekarang ini. Melalui film, anak-anak belajar berbagai hal positif yang akan berguna bagi kehidupannya kelak. Karena itulah SMAN 1 Purwareja Klampok menyelenggarakan kegiatan yang terprogram tersebut.(wid)