Pj Bupati Tri Harso, sidak ke pasar kota dan toko modern, pastikan harga bahan pokok stabil juga stock aman


BANJARNEGARA, FAKTAJURNAL.COM -  Dua pekan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto beserta Forkompimda dan Dinas terkait melakukan inspeksi mendadak (Sidak) untuk memantau harga sembako di kawasan pasar kota Banjarnegara dan toko modern, pada Rabu (27/3/2024).

Kunjungannya tersebut, adalah untuk memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok aman sampai lebaran tiba.

Berdasarkan pantauan dilapangan sejumlah pedagang mengaku harga bahan pokok relatif stabil dan tidak ada kenaikan harga yang signifikan. Seperti harga daging sapi yang masih stabil di kisaran harga Rp.135 hingga Rp.140 ribu/kg.

 “Harganya masih sama dengan hari yang lain dan belum naik, mudah mudahan harga tetap stabil jelang lebaran,” kata Fildan  pedagang daging sapi di Pasar kota Banjarnegara kepada media.

Sementara salah pedagang sayur, Suratmi mengatakan, harga sejumlah sayuran  sudah turun, seperti harga cabai yang mulai normal dikisaran harga Rp. 35 ribu yang semula mencapapai Rp.70 ribu/kg.Demikian pula dengan harga sayuran lainnya juga masih stabil seperti minyak goreng dan gula.

“Yang justru menjadi perhatian adalah permintaan bawang pada awal Ramadan banyak, namun  barangnya langka sehingga harganyapun naik meskipun tidak signifikan,”katanya.


Sedangkan harga beras yang semula mengalami kenaikan juga sudah kembali normal di kisaran harga Rp.16 ribu/kg, untuk beras medium dan harga beras premium dikisaran harga Rp.17 ribu/kg.

Pj Bupati Tri Harso kepada media mengatakan dari pantauan pasar, sejumlah harga masih normal. Harga kebutuhan pokok di pasar masih normal. 

“Ketersediaan kebutuhan pokok pada saat lebaran nanti dipastikan juga aman dan terjamin sampai lebaran tidak akan langka,” katanya.

Selain itu pemkab beserta tim dari  dinas terkait juga akan melakukan pengecekan di beberapa toko modern untuk memastikan stok barang yang ada tidak kadaluwarsa.

"Dipastikan mendekati lebaran nanti juga akan kembali melakukan operasi pasar untuk memastikan ketersediaan bahan pokok serta kestabilan harga bahan pokok" jelasnya.

Selain itu untuk meringankan kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri, Pemkab Banjarnegara juga akan menggelar pasar Ramadan pada tanggal 3 dan 4  April 2024 mendatang.  (One/S@e).