Tujuh anak rambut gimbal ikuti ruwatan Jamasan di Desa Tlaga Kecamatan Pungelan

 


Prosesi Jamasan Rambut Gimbal Desa Tlaga


Faktajurna.com Banjarnegara - Tlaga Kecamatan Pungelan Kabupaten Banjarnegara mengelar Tradisi jamasan terhadap anak berambut gimbal, yang selama ini dikenal kawasan dataran tinggi Dieng. Ternyata, 7 anak berambut gimbal juga dijumpai di Desa Tlaga, Kecamatan Punggelan. Pada Selasa (30/05/2023). Prosesi jamasan dilaksanakan di lapangan Desa Tlaga.

Sebelum dilakukan ruwatan jamasan, ketujuh anak rambut gimbal tersebut mengenakan pakaian adat jawa dan dikirab dengan menggunakan kereta kuda. 

Di lanjutkan, prosesi ruwatan Ketujuh anak tersebut yang rambut gimbal disiram atau dicuci dengan air dari tujuh sungai di sekitar Desa Tlaga Kec. Pungelan.

Kepala Desa Tlaga Lestanto menyampaikan, prosesi jamasan dilakukan dengan harapan agar tujuh anak berambut gimbal diberi kesehatan. Selain itu juga tanah di Desa Tlaga diberi kesuburan.

" Karena kemunculan rambut gimbal pada anak anak yang rambutnya kusam ditandai sakit panas. Saat itu, kondisi badan mengalami demam tinggi. anak anak yang berambut gimbal menurut adat tidak boleh di potong sebelum mengikuti ritual pemotongan kambing gembel dan ruwatan." Pungkasnya (Radela).