Hari Jadi Banjarnegara Ke - 453, dirayakan sangat meriah, wujud penghormatan pada leluhur pemimpin terdahulu


Banjarnegara, Faktajurnal.com  - Prosesi Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara yang Ke -453, bertemakan '' Banjarnegara Bersemangat, Bermanfaat, dan Sumringah" telah dirayakan dengan meriah, khidmat, dan penuh makna, pada Senin (26/2/2024).

Prosesi tersebut, dimulai sejak pagi, dan disaksikan puluhan ribu masyarakat yang memadati alun-alun Banjarnegara, untuk menyaksikan pentas kesenian dan budaya lokal, yang dipentaskan oleh para seniman lokal.

Indarto Sekda Banjarnegara selaku Ketua Panitia Penyelenggara Hari Jadi Ke - 453 Banjarnegara menyampaikan, Acara ini bukan hanya menghibur masyarakat, tetapi juga memberikan apresiasi terhadap budaya, seni, dan warisan lokal.

"Prosesi Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara Ke-453 merupakan momen yang penting untuk mempromosikan kesenian dan budaya lokal kepada masyarakat luar," ujarnya.    

Indarto menambahkan,selain kesenian, acara ini juga menjadi wadah untuk menyatukan masyarakat Banjarnegara, dari yang muda hingga yang tua, dari seluruh lapisan sosial dan agama.

"Prosesi Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara Ke - 453 menjadi ajang silaturahmi dan kebersamaan bagi seluruh warga Banjarnegara," imbuhnya.

Menurutnya, melalui tema Banjarnegara "Bersemangat, Bermanfaat dan tagline Banjarnegara Sumringah," mengajak semua pihak untuk terus semangat dalam mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Banjarnegara.

Ditandaskan Indarto, perayaan ini juga sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang para leluhur-leluhur pemimpin Banjarnegara khususnya Bupati dan Wakil Bupati yang telah gugur mendahului kita.



"Terkait dengan tema Banjarnegara kali ini, untuk mengingat dan meneladani semangat para leluhur yang memimpin Banjarnegara di masa lalu, serta mendoakan mereka yang telah gugur mendahului kita, khususnya para Bupati dan Wakil Bupati." Kata Indarto kepada Wartawan.

Selanjutnya lndarto menjelaskan, Kabupaten Banjarnegara yang telah berdiri selama 453 tahun, Bupati dan Wakil Bupati yang telah memimpin Banjarnegara tentu cukup banyak. Mereka merupakan sosok-yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjarnegara.

Kami mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara berharap, kegiatan tradisi dan budaya ini harus kita uri-uri dan kita pertahankan, Jangan sampai kita lupa pada leluhur - leluhur yang telah mendirikan Banjarnegara dan memajukan Banjarnegara menjadi lebih baik lagi.

"Sehingga nantinya, generasi muda dapat mengenal lebih jauh tentang sejarah Kabupaten Banjarnegara dari dulu dan sampai saat sekarang ini," tandas lndarto.

Lebih lanjut Indarto menyampaikan, kegiatan tersebut akan berlangsung sampai dengan 29 Februari 2024, sebagai penutupnya dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit.

"Kegiatan Hari Jadi Banjarnegara Ke 453 ini nanti akan berakhir pada tanggal 29 Februari 2024, dengan dimeriahkanya resepsi pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang merupakan penutupan," pungkasnya. (One/S@e).