Barisan Bunda Milenial, Hebohkan Kirab Budaya Hari Jadi Banjarnegara Ke - 453


Banjarmegara, Faktajurnal.com - Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara yang Ke - 453, dimeriahkan dengan aneka pertunjukan pentas seni dan budaya, puncaknya adalah Kirab Pusaka, yang digelar pada Senin (26/2/2024).

Prosesi Kirab Pusaka dilaksanakan dengan Start dari Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjarnegara berjalan kaki menuju Pendopo Dipayuda Adhi Graha Banjarnegara.

Salah satu Komunitas Perempuan Berkebaya Bunda Milenial Banjarnegara turut serta dalam memeriahkan Hari Jadi Banjarnegara yang Ke - 453, di puncak Kirab Budaya tersebut.

"Ini adalah untuk yang kedua kalinya mengikuti acara Kirab Budaya Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara, dengan diikuti oleh sebanyak 30 ibu - ibu berkebaya dengan mengenakan motif bunga-bunga, berwarna warni dan payung geulis warna -warni, sesuai tagline Banjarnegara Sumringah," ujar Sisca Rumondor Ketua Komunitas Bunda Millenial Pusat.

Sisca Rumondor menambahkan, ada yang berbeda dengan pasukan Kirab Budaya lainnya, karena barisan Bunda Milenial semua peserta mengenakan seragam kain jarik warna coklat dan kebaya motif bunga  warna - warni  yang sangat cerah.

"Barisan Komunitas Bunda Milenial juga membawa payung Geulis warna - warni yang sangat cantik dan dimainkan sambil berjalan mengikuti Kirab Budaya sesuai gerakan gerakan yang sudah diatur," tutur Sisca Rumondor 

Selain itu, tampak gemulai, kompak dan sangat cantik dibawah pimpinan atau cucuk lampah. Ningtyas pelatih dan penata tari handal, penata vokal dan Guru yang Sudah sangat berpengalaman.

"Sehingga sepanjang berjalan ibu - ibu Bunda Milenial mendapat sambutan yang sangat meriah sekali dari masyarakat yang menonton memadati sepanjang kiri dan kanan jalan," imbuhnya.

Selanjutnya Sisca mengingatkan bahwa  tanggal 24 Juli sudah ditetapkan sebagai hari Berkebaya Nasional oleh Presiden Joko Widodo. 

"Dengan hadirnya Bunda Milenial berharap ibu - ibu dan remaja putri dapat mrngikuti untuk mencintai busana kebaya,jangan malu dan merasa ribet berkebaya apalagi kebaya sudah diusulkan di Unesco," jelasnya.

Sementara itu, Dewi Ratih Ketua Bunda Milenial Banjarnegara kepada awak media menyampaikan selamat ulang tahun ke 453 untuk Kota Kabupaten Banjarnegara.

"Semoga Komunitas Berkebaya Bunda Milenial Banjarnegara dapat terus berkarya dan ikut berkontribusi untuk Kota Kabupaten Banjarnegara tercinta ini," pungkasnya.    (S@e).



Dewi Ratih