Imigrasi Cilacap, Gelar Timpora Kecamatan di Kabupaten Banyumas


Banyumas, Faktajurnal.com - Guna membangun sinergitas antar lembaga Pemerintahan di Kabupaten Banyumas, lmigrasi Cilacap gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Banyumas, bertempat di Hotel Java Heritage Purwokerto, pada Senin (26/2/2024).

Mohamad Rio Andrireza Kepala Seksi lntelijen dan Penindakan Keimigrasian Cilacap menyampaikan, membangun sinergitas antar lnstansi merupakan hal yang penting terutama dalam pengawasan orang asing sampai ke tingkat kecamatan khususnya yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Cilacap. 

"Hal itu guna optimalisasi pengawasan Timpora yang sangat berperan penting sebagai wadah koordinasi dan sinergitas pengawasan orang asing sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing institusi," jelasnya.

Dikesempatan itu, Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Mohamad Taufik Sulaeman usai membuka Rapat Koordinasi Timpora tingkat Kecamatan di Kabupaten Banyumas, dalam arahannya menyampaikan bahwa orang asing yang ada di Indonesia harus memiliki maksud dan tujuan yang jelas. 

"Dia menghimbau untuk segera menindak orang asing yang terbukti melakukan pelanggaran, namun tidak dapat bergerak sendiri, perlu adanya sinergitas antar lembaga agar memudahkan dalam melakukan pengawasan,'' ujarnya.

Taufik juga mengapresiasi atas kehadiran seluruh peserta Rapat Koordinasi Timpora tingkat Kecamatan di Banyumas yang kedepanya diharapkan dapat membantu dalam pengawasan terhadap orang asing  agar terciptanya harmonisasi penduduk baik orang asing dengan masyarakat setempat.

Lanjutnya narasumber Kasi Inteldakim, Mohamad Rio Andrireza dan Kasi Tikkim, Heryanu terkait dengan materi tugas dan fungsi Timpora, serta diskusi antar instansi dalam mencari solusi dan penguatan tugas dan fungsi Timpora dalam pengawasan keberadaan orang asing di wilayah Kabupaten Banyumas. 

''Tentunya kegiatan ini harus terus dengan berkesinambungan dan menjadi langkah nyata dalam membangun sinergitas yang dapat meningkatkan kinerja masing-masing instansi/lembaga," pungkasnya.  (S@e).